Modul 1.1.a.5.1 Mendesain Kerangka Pembelajaran Sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

 


Bapak/Ibu Guru Calon Guru Penggerak,

Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’ mengacu pada 7 Profil Pelajar Pancasila, yaitu: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Anda mengembangkan kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ dengan tujuan utama yaitu ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’

Tujuan utama Pendidikan Nasional Indonesia sejalan dengan pemikiran KHD yaitu pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya. Oleh sebab itu, segala upaya yang Anda lakukan saat ini adalah persiapan pelajar Indonesia menjadi masyarakat global yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam konteks lokal Indonesia.

Instruksi Penugasan Kerja Kelompok

  1. Pilih satu ‘Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengembangkan kerangka ‘Merdeka Belajar’
  2. Identifikasi sumber daya dan potensi (minimal 3 potensi) yang dimiliki oleh sekolah dan kelas Anda yang mendukung ‘Merdeka Belajar’,
  3. Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut:
    • Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’
    • Profil Pelajar Pancasila:__________(tuliskan profil pilihan kelompok)
    • Kompetensi Pelajar Pancasila: __________ (tuliskan kompetensi yang diharapkan dari Profil Pelajar Pancasila yang dipilih kelompok)
    • Indikator Ketercapaian: ____________________
    • Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:
    1. Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    2. Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    3. Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    4. Siapakah para pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?
  4. Buatlah desain kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ sesuai dengan kesepakatan kelompok. Desain dapat berupa infografis, poster, animasi, presentasi dll.
Contoh desain:
1 Versi slide (klik disini!)
2.Versi slide (klik disini!)
3. Versi gambar flyer (klik disini!)
4. Versi gamabr flyer (klik disini!)

Demikian modul pemebelajaran tentang bagaiamana mendesain kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak - 1.1 Refleski Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara

1.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya