Sosialisasi Visi-Misi Sekolah Calon Guru Penggerak

 


Oleh: Fuad Hasyim

CGP Angkatan 2 Kabupaten Tasikmalaya

Lembar Kerja 1. Visi, Misi, Program Sekolah yang Berdampak Pada Murid

👍Link video kegiatan sosialisasi (KLIK DISINI!)

1.        Visi Sekolah

 

a.      Diskusikan apakah visi sekolah Anda sudah mencerminkan pembelajaran yang berdampak kepada murid, mengakomodir harapan semua warga sekolah, dan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki sekolah dan lingkungan pembelajaran keseluruhan?

 

Diskusikan dan coba rumuskan bersama kembali!

 

b.      Tulis visi sekolah Anda pada kolom yang disediakan. Jika keseluruhan kalimat visi belum dapat dirumuskan, tulis kata-kata kunci dari visi yang ingin capai bersama. 

 

 

 

Menyelenggarakan kegiatan pendididikan  yang berpihak kepada murid dengan menerapkan penumbuhan budaya postif di sekolah berbasis kearifan lokal yang mencerminkan profil pelajar pancasila.

 

 

 

2.      Misi Sekolah

 

Rumuskan misi dari sekolah yang berdampak kepada murid. Buatlah kalimat yang jelas dan mengandung upaya yang harus dilakukan untuk mencapai visi bersama yang telah dirumuskan. Jika keseluruhan kalimat misi belum bisa dirumuskan, maka tulis kata-kata kunci yang mencerminkan usaha untuk mencapai visi.

 

 

  1. Menyusun rencana kerja berdasarkan hasil asesmen diagnostik yang diberikan kepada para guru, orang tua dan siswa
  2. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa berdasarkan profil yang dimiliki siswa
  3. Menyelenggarakan KBM sesuai dengan hasil pemetaan kebutuhan siswa
  4. Mengoptimalkan pelaksanaan program penumbuhan budi pekerti (budaya positif) di sekolah  berbasis kearifan lokal.
  5. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan kebutuhan dan minat siswa.
  6. Mengoptimalkan peran komite sekolah
  7. Berkolaborasi dengan berbagai pihak

 

 


1.        Program Sekolah 

 

   Diskusikan satu rencana program sekolah yang merupakan perwujudan dari visi dan misi sekolah yang berdampak pada murid.

Text Box: Program Sekolah Berdampak pada Murid yang akan dilakukan di sekolah, yaitu: 


Mengoptimalkan pelaksanaan program penumbuhan budi pekerti (budaya positif) di sekolah  berbasis kearifan lokal.
Text Box: Tujuan yang ingin dicapai dari program yang dilaksanakan, yaitu: 

Menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, sesuai dengan profil pelajar pancasila

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


      Penjabaran Rencana Pelaksanaan Program  

 

Apa langkah kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan program?

Apa sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan program (tenaga, biaya, keterampilan, dan lainnya)?

Siapa yang dapat dilibatkan dalam pelaksanaan program, dan apa peran mereka?

Program dikatan berhasil jika?

 

         Mengadakan survei berupa asesmen diagnostik untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang mesti dilakukan selanjutnya (respon postif)

         Melakukan pemetaan kebutuhan berdasarkan hasil asesmen diagnostik

         Membuat komitmen dengan orang tua siswa (komite sekolah)

         Membuat nota kesepahaman dengan berbagai pihak untuk mendukung program pendidikan di sekolah

         SDM guru dan warga yang memadai

         Kesiapan warga sekolah dalam menjalankan komitmen

         Kebijakan dari pemerintah yang mendukung pelaksanaan program

         Peran serta komite dan masyarakat dalam menjalankan komitmen yang telah dibuat

 

         Kepala Sekolah. Berperan sebagai pengelola dan pengambil kebijakan

         Guru dan warga sekolah. Berperan sebagai pelaksana program/kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah

         Komite sekolah. Berperan sebagai mitra kerja yang menjembatani komunikasi antara sekolah dan orangtua

         Pihak lain yang berpotensi dalam mendukung pencapaian program sekolah, seperti: Instansi keagamaan, pemerintah, kepolisian, kesehatan, balai diklat, dan lainnya.

         Terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi anak

         Terbentuk kepribadian siswa yang sesuai dengan kearifan lokal, seperti bersikap ramah, sopan, dan santun.

         Seluruh warga sekolah menjunjung tingg penerapani kedisiplinan (budaya positif) 

         Terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua (komite)

         Terselenggaranya program bersama dengan pihak lain sesuai dengan MoU yang telah disepakati.

 Berikut video pelaksanaan sosialisasi visi-misi sekolah oleh CGP (klik disini!)

Terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak - 1.1 Refleski Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara

1.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya