Postingan

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Gambar
  Selamat datang Bapak/Ibu CGP di Pembelajaran pertama dalam Modul 1.2 ini!      Pada kesempatan ini, pembelajaran akan dimulai dengan membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri Anda. Agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari kegiatan ini, hal yang perlu diperhatikan ketika menjawab pertanyaan nanti adalah kejujuran Anda dalam memberikan jawaban. Tidak mengapa jika memang tidak ada atau Anda tidak tahu. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Apa yang menjadi pertanyaan hanyalah upaya untuk membantu menggali pengalaman serta nilai diri Anda. Silakan jawab sejujurnya, dan jangan sampai terlewat. Ambil waktu khusus agar Anda dapat mengerjakan ini dengan tenang. A. Trapesium Usia Di sini Anda akan membuat Diagram Trapesium Usia Anda sendiri. Untuk dapat membuat  diagram trapesium usia, perhatikan cara pembuatannya seperti slide berikut ini. ( Klik disini )

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Gambar
  1.2.a.1. Pendahuluan Modul 1.2 A. Pengantar      Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya.Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang. ~ Ki Hajar Dewantara ~ Simaklah Video pengantar modul 1.2 berikut ini. ( Disini! )    Selamat datang dalam Modul “Nilai-nilai dan peran guru penggerak”.     Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai dan peran seorang Guru Penggerak mampu menumbuhkan sekolah yang berpihak pada murid. Mengapa demikian? Dunia kini sudah semakin tanpa batas, teknologi telah berhasil menghilangkan jarak. Pertukaran budaya baik yang positif maupun negatif kini menjadi sukar terawasi dan tanpa filter.       Filter tersebut diharapkan dapat ditumbuhkan sejak dini dalam setiap diri manusia Indonesia agar budayanya tidak tergerus oleh budaya lain yang lebih agresif melakukan pen

1.1.a.9. Koneksi Antarmateri - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Gambar
  Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) Pada fase ini Anda diajak untuk  meninjau ulang keseluruhan materi  dari Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6 dan memperkuat koneksi antar materi yang sudah Anda pelajari.  Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada  penugasan  yang perlu dilakukan. Penugasan tersebut adalah  sintesis  dari berbagai materi yang sudah dipelajari. Tinjau kembali tugas personal kerangka pembelajaran  yang telah dikembangkan pada fase Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, dan Elaborasi Pemahaman.  Buatlah sebuah  kesimpulan dan penjelasan  mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Anda pelajari dalam modul ini.  Buatlah sebuah  refleksi dari pengetahuan dan pengalaman baru  yang Anda peroleh dalam modul ini dan perubahan diri yang yang Andal alami dan akan Anda praktekan di sekolah dan kelas Anda. Ceritakan  (konstruksikan kembali) proses pembelajaran dan suasana kelas yang mencerminkan pe

1.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya

Gambar
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) Anda akan membuat  sebuah karya  (video pendek, komik, lagu, puisi, poster, infografis dll) sebagai bentuk konkret  pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara .  Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi pemahaman Anda tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara sesuai dengan konteks kelas dan sekolah asal Anda. Sebagai gambaran, metafora atau perlambang dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbiti matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018).    Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi p

Modul 1.1.a.5.1 Mendesain Kerangka Pembelajaran Sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Gambar
  Bapak/Ibu Guru Calon Guru Penggerak, Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’ mengacu pada 7 Profil Pelajar Pancasila, yaitu:  Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Mandiri . Anda mengembangkan kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ dengan tujuan utama yaitu  ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’ .  Tujuan utama Pendidikan Nasional Indonesia sejalan dengan pemikiran KHD yaitu pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya. Oleh sebab itu, segala upaya yang Anda lakukan saat ini adalah persiapan pelajar Indonesia menjadi masyarakat global yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam konteks lokal Indonesia. Instruksi Penugasan Kerja Kelompok Pilih satu ‘Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengemb

Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak - 1.1 Refleski Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara

Gambar
  Assalamu'alaikum,wr.wb. Selamat bagi kawan-kawan Calon Guru Penggerak (CGP) yang telah lulus mengikuti tahapan seleksi Calon Guru Pengerak angkatan 3 dan 4. Nah, kali ini saya akan menyediakan beberapa informasi terkait Pendidikan Guru Penggerak (PGP), salah satunya modul belajar yang nanti akan digunakan selama pendidikan. Ada tiga modul yang akan kawan-kawan pelajari selama 9 (sembilan) bulan lamanya.  Bagi kawan-kawan CGP yang saat ini sedang mencari modul tersebut, dapat diunduh melalui tautan link berikut: Paket Modul 1 Padigma dan Visi Guru Penggerak Modul 1.1.a Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara    1.1.a.4 Eksplorasi Konsep-Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara Pengantar Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) Mari kita lebih mendalam mengenal konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) dengan menyimak beberapa video menarik tentang, kondisi Pendidikan pada zaman kolonial, perjalanan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sejak pembentukan Pergu